Minggu, 23 Januari 2011

Keunggulan dan Kegunaan Browser

Apabila kita ingin menggunakan internet, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka sebuah program yang bernama Internet Explorer atau Mozilla Firefox atau Google Chrome.
Setelah itu kita akan mengetikkan di jendela program itu sebuah alamat situs yang ingin kita tuju, seperti http://www.facebook.com ataupun mesin pencari seperti http://www.google.com. Tunggu beberapa saat, maka situs yang kita minta akan tertampil di layar komputer. Itulah gambaran secara sederhana kegunaan web browser.
Benar, program yang bernama Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, ataupun Google Chrome itu yang dinamakan web browser atau penjelajah web.
Selain tiga program tersebut, masih banyak jenis web browser yang ada namun kalah popular dan jumlah pemakainya juga tidak sebanyak ketiga browser tersebut. Melalui browser ini pula sebuah komputer klien dapat menjelajah dan terhubung dengan komputer lainnya di seluruh dunia melalui jaringan internet.
Protokol Komunikasi
Untuk  mengetahui kegunaan web browser, ada baiknya kita mengenal tentang web dan mengetahui sekilas sejarah perkembangannya. Web mulai muncul sekitar tahun 1989 saat 18 negara Eropa membuat sebuah organisasi kerja sama yang dinamakan European Laboratory for Particle Physics atau lebih dikenal dengan sebutan CERN.
Untuk menjalin komunikasi dan melakukan pertukaran data antar negara anggotanya di berbagai dunia itulah dicetuskan perlunya sebuah protocol jaringan melalui komputer. Dari sinilah web browser diciptakan pertama kali oleh para peneliti CERN. Namun protocol yang digunakan ini masih berbasis teks dan hanya bisa dilakukan dengan sistem operasi Unix.
Pada tahun 1993, seorang mahasiswa University of Illinois AS yang bernama Marc Andressen yang bergabung dalam National Center for Supercomputing Aplications atau NCSA, berhasil membuat Mosaic. Ini adalah sebuah web broser yang berbasis grafik pertama dan dapat diaplikasikan pada sistem operasi Windows maupun Unix
Melalui browser Mosaic inilah kemudian Marc mengembangkannya menjadi Netscape Navigator yang lebih familiar saat digunakan. Melalui Netspace ini pula dikembangkan browser Mozilla Firefox. Bahkan melalui lisensi Mosaic yang dibeli dari Spyglass,  Microsoft  juga mengembangkannya menjadi Internet Explorer. Belakangan Google pun meluncurkan browser Chrome buatannya.
Keunggulan Fitur
Dengan melihat sejarah kelahirannya, setidaknya kita memperoleh gambaran tentang fungsi dan kegunaan web browser dalam melakukan penjelajahan komunikasi maupun data.
Dengan web browser seorang pengguna internet dapat mengakses berbagai data baik dalam bentuk, teks, grafik, foto, ataupun video. Dengan web browser pula sebuah situs yang berisi kode-kode html yang rumit diubah menjadi sebuah visual yang menarik, fungsional, dan mudah dimengerti seperti yang kita lihat selama ini melalui internet
Web browser juga menjalankan bebagai tugas atau perintah yang dimasukkan oleh user atau pengguna. Dari sekedar mencari dan mengakses informasi, melakukan chatting atau berdiskusi dalam sebuah grup online, mengunduh atau download, hingga mengupload. Keunggulan dan kegunaan web browser juga terlihat dari fitur maupun kemampuannya dalam menjalankan berbagai fungsi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar