Selasa, 17 Mei 2011

Pasca Gempa, Jepang Gunakan Mobil Listrik Sebagai Transportasi Andalannya


mitsubishi_imievGempa dan tsunami dahsyat yang menimpa Jepang 11 Maret lalu tidak membuat negara itu mati kreativitas. Selain berusaha memulihkan kembali wilayah yang terkena bencana, pemerintah Jepang juga masih terus berusaha menanggulangi kerusakan pembangkit listrik bertenaga nuklir di Fukushima.
Ken Belson, wartawan dari New York Times yang menghabiskan lima pekan di negeri Sakura untuk melaporkan bencana dan pemulihan di Jepang, menuliskan artikel yang cukup menarik mengenai
kendaraan bertenaga listrik sebagai kendaraan yang digunakan untuk proses pemulihan di wilayah timur laut Jepang.
Menurutnya kendaraan bertenaga listrik atau plug-in ini sangat berguna di saat persediaan bensin terputus namun ketersediaan listrik sudah mulai pulih. Dengan adanya mobil listrik ini warga menjadi terbantu dan lebih mudah untuk bepergian.
“Karena ketika terputusnya pasokan bensin di wilayah timur laut Jepang, ketersediaan listrik sudah pulih di sebagian besar lokasi,” ujar Ken.
Selain itu juga keandalan kendaraan listrik menempuh jalan yang tidak mulus karena adanya puing-puing, dapat menjadi suatu keunggulan dan menarik perhatian konsumen yang sebelumnya menganggap mobil ini hanya mobil mainan.
Semoga krisis nuklir di Jepang cepat berlalu ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar